emas putih

Emas Putih, Apa itu Emas Putih?

Emas sebagaimana kita ketahui semuanya berwarna kuning keemasan.  Bagaimana dengan emas putih. Apakah yang dimaksud dengan emas putih. Emas putih adalah emas yang telah melalui proses kimiawi dicampur baik dengan nikel, Palladium maupun perak sehingga warnanya menjadi putih mengkilap. Informasi yang beredar di masyarakat kita sekarang adalah menilai emas putih merupakan platina , ada juga yang beranggapan bahwa menggunakan perhiasan dari platina lebih tahan luntur dibandingkan menggunakan emas putih karena akan luntur dan kembali menjadi kuning.  Perlu dijelaskan disini bahwasanya platina merupakan bahan tambang tersendiri dengan warna aslinya adalah putih. Walapun platina memiliki warna sama – sama putih dengan emas putih namun platina tidak termasuk dalam kategori emas. Sedangkan emas putih merupakan emas kuning yang telah dicampur dengan bahan lainnya sehingga menjadi putih warnanya.

Seperti kita ketahui emas 24 karat memiliki struktur yang sangat lembek, sehingga akan sangat susah dibentuk menjadi perhiasan. Oleh karena itu agar bisa dibentuk menjadi sebuah perhiasan, emas 24 karat akan dicampur dengan logam lainnya sehingga strukturnya menjadi lebih kuat untuk dibentuk menjadi perhiasan. Dewasa ini masyarakat lebih meminati perhiasan emas dalam bentuk emas putih. Alasan kebanyakan orang lebih memilih emas putih karena jika dipakai terlihat lebih bersih dan elegan.  Apalagi jika ditambahkan dengan menyematkan berlian maka akan terlihat lebih berkelas dibandingkan dengan emas kuning.

Emas putih yang banyak dijumpai di pasaran saat ini biasanya adalah emas 17 karat. Emas putih biasanya dilapasi dengan rodium agar terlihat lebih mengkilap. Rodium yang menempel pada emas putih lama kelamaan bisa juga memudar, hal ini bisa terjadi karena kesalahan dalam perawatan perhiasan emas kita. jika sudah terjadi demikian maka lakukan penyepuhan ulang dengan rodium pada emas putih tersebut agar kembali bersinar.

Cara agar Tidak Tertipu Emas Putih Palsu

Karena semakin populernya emas putih saat ini menyebabkan banyak penjual nakal yang ingin mendapatkan untung banyak dengan secara sengaja menjual emas putih yang  palsu. Sebagai pembeli ada baiknya kita berhati-hati agar tidak tertipu dengan penjual emas seperti ini. Sebenarnya secara kasat mata sangat sulit untuk membedakan mana emas putih yang asli dengan emas putih yang palsu. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut ada baiknya bagi kita untuk membeli emas di toko emas yang memiliki reputasi yang baik atau merupakan langganan yang dapat memberikan jaminan bahwasanya emas tersebut adalah emas putih asli. Ada cara lain untuk membedakan emas putih asli atau palsu yaitu dengan melakukan tes laboraturium, namun cara ini sepertinya kurang efektif karena memakan waktu, biaya serta jika dilakukan uji laboratirium bisa menyebabkan perubahan bentuk dan warna emas karena terkontaminasi bahan-bahan kimiawi.

Demikian beberapa Informasi mengenai apa itu emas putih dan apa bedanya dengan platina. Berhati – hatilah dalam membeli emas putih, karena banyak beredar emas putih palsu di pasaran.

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

lina
01-03-2014
Mau tanya hrg emas putih buln ini brp yah 1gram nya???

Heruwiryawan
07-02-2014
Maaf,,,,,,saya kurang puas dengan keterangan terakhir

nining
10-01-2014
Saya punya emas putih kok bisa jd agak kekuningan


[1]


Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap