keuntungan investasi saham

Keuntungan Dalam Investasi Saham

Pasar saham adalah pasar yang penuh dengan ketidakpastian dan penuh dengan spekulasi. Seperti kita ketahui pasar saham menjanjikan keuntungan yang sangat besar, akan tetapi kemungkinan untuk mengalami kerugian juga cukup besar.

Dalam melakukan setiap bentuk investasi, baik investasi emas, investasi pada reksadana maupun investasi pada saham pastinya kita mengharapan keuntungan yang bisa kita nikmati dikemudian hari. Demikian juga dalam berinvestasi saham juga terdapat beberapa keuntungan diantaranya :

  1. Keuntungan investasi saham yang pertama yaitu Pemegang saham akan mendapatkan deviden. Deviden merupakan pemberian sebagian keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Dikatakan pemberian sebagian keuntungan karena tidak semua keuntungan akan diberikan kepada para pemegang saham, karena sebagian keuntungannya akan digunakan untuk investasi dan pengembangan usaha ke depannya. Deviden dibagikan kepada para pemegang  setelah mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham. Deviden yang dibagikan bisa dalam 2 bentuk. Bentuk yang pertama adalah berupa uang tunai dan bentuk yang kedua adalah berupa saham (deviden stock) artinya saham yang kita milki akan bertambah jumlahnya dengan adanya pembagian deviden stock. Beberapa perusahaan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia secara rutin membagikan deviden kepada para pemegang sahamnya, namun beberapa perusaahaan juga tidak memberikan deviden dengan berbagai alasan, bisa karena rugi atau mencapai keuntugan namun tidak mencukupi untuk membagikan deviden.
  2. Keuntungan investasi saham selanjutnya adalah mendapatkan capital gain. Capital gain merupakan selisih untung antara harga beli saham dengan harga jual saham. Dimana harga jual saham lebih tinggi dari pada harga belinya. Misalnya, investor membeli saham Unilever pada harga Rp 2.000,-, dan pada saat dijual harga saham tersebut mencapai Rp 3.000,-, maka sebagai investor akan mendapatkan capital gain dari saham sebesar Rp 1.000 / lembar saham. cukup menggiurkan bukan. Jika kita mempunyai 10.000 lembar saham saja, maka keuntungan yang kita dapatkan dari capital gain tersebut adalah 10 juta rupiah. Investor jangka pendek atau biasa di sebut trader seringkali hanya berorientasi untuk mendapatkan capital gain. Sedangkan, bagi investor jangka panjang, cenderung lebih mengharapkan deviden.
  3. Selain kedua keuntungan diatas, para pemegang saham juga masih berkesempatan untuk mendapatkan bonus saham. Walaupun cukup jarang perusaahaan memberikan bonus saham. Bonus saham adalah keuntungan yang diberikan kepada para pemegang saham dari agio saham. Agio saham adalah selisih antara harga jual terhadap harga nominal saham tersebut pada saat perusahaan melakukan penawaran umum di pasar perdana. Misalnya saham dengan nilai nominal Rp 200 dijual dengan harga Rp 300, maka setiap saham akan mendapatkan agio sebesar Rp 100 / lembar saham.

Keuntungan Lain dari Berinvestasi Saham

Selain keuntungan yang dapat diukur secara finansial, keuntungan lain dalam berinvestasi saham adalah keuntungan secara psikologis. Bermain saham, akan membuat seseorang lebih bisa mengendalikan diri serta melakukan segala sesuatunya dengan cermat dan penuh perhitungan. Bermain saham juga melatih kita untuk lebih sabar.

Demikian beberapa informasi mengenai keuntungan investasi saham. Tambah terus pengetahuan anda mengenai investasi saham dengan mengetahui cara – cara untuk membeli saham

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

alfian
02-12-2013
Adakah syarat yang dalam melakukan investasi saham ini
Admin
syarat yang utama adalah memahami resiko yang mungkin akan kita terima jika kita berinvestasi saham

Edho
01-12-2013
Point no.1 baris akhir --> mungkin dsni perusahaan bs sja memberikan laporan yg plsu kpd investor2nya seolah-olah perusahan dlm keadaan rugi pdhal..itu bs d atur jika perusahaan berkomplot dgn para akuntannya..sehingga hak2 dividen investor tdk d berikan..kcuali jika prusahaan itu bonafit.


[1]


Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap