membeli emas lelang di pegadaian

Membeli Emas Lelang di Pegadaian

Salah satu alternatif terbaik untuk memiliki emas, baik emas perhiasan, berupa cincin, kalung, gelang maupun emas logam mulia (emas batangan) adalah dengan mengikuti lelang pembelian emas yang dilaksanakan oleh Pegadaian. Pegadaian adalah Badan Usaha Milki Negara (BUMN) yang salah satu jenis usahanya adalah menjual dan membeli emas. Emas yang dilelang oleh pegadaian terjamin kemurniannya dan disertai oleh sertifikat. Barang – barang yang dilelang oleh pegadaian biasanya merupakan barang yang  dalam waktu yang telah ditentukan belum ditebus oleh pemiliknya.

Lelang sendiri merupakan upaya penjualan yang dilakukan oleh pihak pegadaian karena barang yang dijaminkan tidak ditebus oleh nasabah setelah waktu jatuh tempo. Lelang terbagi dalam 2 bentuk yaitu, lelang naik dan lelang turun. Yang dimaksud dengan lelang naik yaitu pada awalnya barang yang akan dilelang ditetapkan dengan harga yang rendah, kemudian semakin naik harga tersebut, sampai akhirnya diberikan kepada pembeli yang menawarkan dengan harga yang tertinggi. Sedangkan yang dimaksud dengan lelang turun adalah penawaran barang lelang pada awalnya dengan harga tinggi, kemudian semakin turun harga barang tersebut, sampai akhirnya diberikan kepada penawar yang memberikan harga terendah. Proses lelang yang terjadi pada pegadaian pada umumnya adalah lelang naik, yaitu barang akan diberikan kepada pembeli yang membeli dengan harga tertinggi.

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti lelang di pegadaian, bisa langsung datang ke pegadaian dan membawa kartu identitas yang resmi, mengisi formulir lelang dan menyetor sejumlah uang yang dijadikan jaminan. Persyaratan ini sama saja dengan lelang – lelang terbuka pada umumnya.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengikuti Lelang Di Pegadaian

Tujuan utama dari kita mengikuti lelang di pegadaian biasanya  adalah untuk mendapatkan barang kualitas baik dengan harga yang lebih rendah dari harga pasaran. Dengan harapan jika pada suatu saat dijual akan mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu sebelum mengikuti lelang di pegadaian ada baiknya kita mencari informasi terlebih dahulu mengenai barang yang akan dilelang. Misalnya barang akan dilelang adalah berupa emas batangan atau logam mulia, maka terlebih dahulu kita harus mencari data – data mengenai harga terbaru emas tersebut pada hari  ini. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerugian pada kita, karena menawar barang lelang melebihi harga pasar pada saat ini. Biasanya barang yang paling diminati oleh para nasabah dalam proses lelang adalah berupa emas, walaupun sebenarnya jumlahnya tidak banyak dan variasinya terbatas. Emas sangat diminati oleh para peserta lelang karena bisa digunakan sebagai perhiasan maupun sebagai investasi. selain itu harga emas tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Tips-Tips Bertransaksi di Pegadaian

Ada beberapa orang yang enggan untuk datang dan melakukan transaksi dengan pegadaian, mungkin karena malu, tidak mengetahui fungsi pegadaian atau berpendapat bahwa pegadaian adalah tempat bertansaksinya orang – orang susah. Hal ini ternyata salah, banyak orang kaya yang juga yang berhubungan dan melakukan transaksi dengan pegadaian, biasanya menggadaikan barangnya untuk mendapatkan modal usaha. Berikut disampaikan tips-tips bertransaksi dengan pegadaian, diantaranya :

  1. Jangan menggunakan jasa calo untuk menggadaikan barang anda. Biasanya calo – calo ini berkeliaran didepan pegadaian. Mereke menawarkan jasa untuk membeli barang yang akan kita gadaikan. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah.
  2. Gadaikanlah barang yang kemungkinan harganya kan naik pada masa depan. Contoh yang paling mudah adalah logam mulia.
  3. Gadaikan barang – barang yang tidak terpakai lagi ke pegadaian. Misalnya dirumah kita mempunyai barang – barang elektronik, motor, sepeda atau lainnya yang tidak terpakai. Daripada tidak berguna lebih baik digadaikan untuk mendapatkan uang kas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan kita.
  4. Tidak ada salahnya mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh pihak pegadaian. Pihak pegadaian biasanya mengadakan lelang secara rutin. Lelang dilaksanakan untuk menjual kembali barang – barang yang tidak ditebus kembali oleh konsumen. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan barang yang lebih murah dari nilai pasaran, dan memiliki nilai jual yang tinggi pada suatu saat nanti.

Demikian beberapa informasi mengenai lelang yang dilakukan oleh PT. Pegadaian. Semoga bermanfaat. selain didapatkan lewat lelang,  emas produksi antam bisa juga dibeli secara online

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap