membeli rumah

Langkah Penting Sebelum Membeli Rumah

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan membeli rumah, diantaranya :

  1. Pelajari Lingkungan Lokasi. Melihat – lihat material yang akan dibangun adalah langkah awal yang harus dilakukan agar mendapatkan bangunan yang sesuai dengan keinginan. Begitu menemukannya, kita dapat melihat – lihat kualitas rumah yang sudah atau sedang dibangun. Bila menemukan tumpukan batu bata atau material lainnya di kaveling tersebut, jangan langsung beranggapan bahwa kaveling tersebut sudah terjual. Memang, ada kalanya penegmbang ingin member kesan proyek mereka dan kaveling yang kita minati juga diminati banyak orang. Dalam hal ini, yang harus kita lakukan adalah melakukan survey lokasi baik sebelum maupun sesudah menemui pengembang atau bagian pemasaran. Survei lokasi perlu dilakukan karena beberapa alasan. Selain untuk mengetahui kondisi fisik rumah, survey lokasi perlu dilakukan  untuk mengetahui kondisi sekitar lokasi. Dengan demikian, paling tidak kita mendapatkan informasi apakah disekitar lokasi sering terjadi banjir, rawan kejahatan  atau kesulitan transportasi umum.
  2. Status Tanah. Carilah informasi melalui masyarakat sekitar tentang status rumah dan tanah tersebut, apakah sudah dibebaskan atau masih dalam sengketa. Lakukan juga investigasi rumor atau berita yang beredar tentang rencana pembangunan di wilayah tersebut, misalnya apakah akan ada rencana pelebaran jalan atau pembangunan gedung pemeritah atau swasta. Selain itu, gali juga informasi seputar pembangunan, apakah sesuai yang direncanakan beserta fasilitas yang dibangun dari penghuni lama. Hal ini untuk memastikan kalau kita benar –benar akan membeli rumah yang tidak bermasalah baik bangunan ataupun lingkungannnya.
  3. Harga. Faktor harga rumah memang relatif, yaitu bergantung pada budget dan kebutuhan pembeli. Sebaliknya, sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah, lakukan perbandingan harga rumah yang berlaku saat ini diwilayah rumah tersebut. Mengetahui harga pasaran rumah akan membuat kita menemukan harga yang terbilang wajar. Untuk mengetahui pasaran harga , kita dapat meminta pendapat lokasi atau rumah tersebut kepada agen properti, sahabat orang tua, masyarakat sekitar atau pejabat terkait.

 

Menentukan Lokasi Ketika Membeli Rumah

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak menjatuhkan pilihan pada sebuah rumah, yaitu sebagai berikut :

  1. Kemudahan akses. Lokasi rumah, apartemen, indekos dan ruko baiknya dekat dengan aktivitas penghuninya. Properti tersebut juga hendaknya mudah diakses dari jalan utama dan jalan tol. Rumah atau apartemen yang lokasinya berada dekat dengan jalan tol akan memiliki daya tarik lebih besar bagi konsumen, karena perumahan atau apartemen tersebut lebih mudah untuk dijangkau. Banyak dari pengembang yang memanfaatkan kemudahan akses ini untuk menjual unit – unit porperti mereka. Hal ini dapat dilihat pada brosur penawaran, baliho dan media pemasaran lainnya.
  2. Jarak dengan tempat aktivitas. Bisa dibayangkan jika tempat usaha kita atau rumah kita terlalu jauh. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan? Selain itu, jarak yang jauh akan menambah ongkos pengeluaran kita. intinya, pemilihan lokasi juga dapat menentukan hasil keuntungan yang nantinya akan kita capai. Lokasi rumah memiliki nilai tersendiri bagi konsumen baik untuk dihuni sendiri, untuk disewakan, atau untuk investasi. Karena itu, pembeli harus mempertimbangkan lokasi dengan seksama sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah sebab pembeli akan menggunakan rumah atau tempat usaha tersebut dalam jangka waktu yang lama. Hal ini berbeda dengan penyewa yang umumnya hanya tinggal sementara dan bisa pindah kapanpun. Untuk itu, pemilihan lokasi juga harus melihat lokasinya, mudah dicapai atau tidak.
  3. Kemudahan akses ke tempat fasilitas umum. Properti yang memiliki nilai tambah lain adalah properti yang memiliki kemudahan akses ke tempat – tempat umum, seperti pasar, supermarket, rumah sakit, kantor polisi, sekolah dan rumah ibadah. Ada baiknya juga untuk memperhatikan lebar jalan depan rumah kita atau banyaknya lahan parkir yang bisa dipakai jika kita membeli ruko. Makin lebar jalan tersebut, semakin strategis letak rumah atau ruko yang akan kita beli.

     

    Membeli dengan Low Cost High Profit

     

    1. Memanfaatkan penawar Developer. Kita tentunya sering melihat penawaran di plakat besar, surat kabar atau brosur yang menawarkan rumah tanpa uang muka, sekalian cicilan , dan langsung huni. Kita sebenarnya dapat memanfaatkan pelayanan dari developer tersebut. Sebenarnya, developer atau pengembang telah bekerjasama dengan pihak bank untuk menjual unit – unit rumah tersebut tanpa uang muka. Di balik kerjasama ini developer atau pengembang telah memiliki tabungan yang ditahan sebesar uang muka konsumen. Jadi, uang muka ditahan sampai proses serah terima rumah.
    2. Memanfaatkan perang diskon. Perang diskon antar developer dapat kita manfaatkan untuk pengajuan kredit ke bank . Anggap saja seolah – oleh diskon yang diberikan developer merupakan uang muka yang telah kita bayarkan. Prosesnya, terlebih dahulu kita harus melakukan koodinasi dengan developer sebelum transaksi. Misalnya, sebuah rumah tipe 36 seharga Rp 120 juta dengan diskon 10 persen, padahal harga sebenarnya Rp 108 juta. Maka dalam pengajuan KPR ke bank kita dapat mengatakan bahwa harga rumah tipe 36 memang Rp 120 juta seakan – akan kita telah membayar uang muka Rp 10 juta sehingga KPR kita adalah sebesar Rp 108 juta.

     

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap