tabungan emas

Tabungan Emas, Menabung Emas di Bank Syariah

Setiap kita pasti perlu merencanakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depan. Salah satu perencaan untuk masa depan yang lebih baik tentunya dengan berinvestasi. Investasi mempunyai ragam bentuk, baik berinvestasi dalam bentuk tanah, surat berharga, property, reksadana, maupun tabungan emas. Berinvestasi emas telah populer sejak dahulu kala. Pada zaman dahulu orang tua kita telah memulai berinvestasi emas. Emas akan dibeli ketika harganya turun dan dijual kembali ketika harganya naik. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan gaya hidup yang lebih praktis maka, sekarang banyak orang memanfaatkan lembaga perbankan untuk berinvestasi emas. Lembaga perbankan sekarang telah banyak membuka layanan tabungan emas dengan syarat yang mudah dan cepat serta pastinya aman.

Tujuan awal kita berinvestasi tentunya mengharapakan keuntungan yang bisa kita dapatkan di kemudian hari. Oleh karena itu agar kita tidak mengalami kerugian investasi di kemudian hari ada baiknya bagi kita memilih bank-bank yang telah terpercaya atau telah memiliki reputasi yang baik dalam hal menangani tabungan emas. diantara bank-bank yang cukup populer dan terpercaya dengan produk tabungan emas yaitu Bank Syariah Mandiri dan Solusi Emas Murni  Bank Danamon Syariah. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan satu persatu produk tabungan emas pada Bank Syariah Mandiri dan Solusi Emas Murni  Bank Danamon Syariah.

Tabungan Emas pada Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah Mandiri memiliki reputasi yang cukup baik dalam hal mengelola tabungan emas nasabahnya.  Tabungan emas dari Bank Syariah Mandiri dinamakan Produk Bank Syariah Mandiri Cicil Emas atau disingkat BSM Cicil Emas.  Jenis tabungan emas pada Bank Syariah adalah emas batangan dengan ukuran dari yang terkecil 10 gram sampai dengan 1 kilogram. Untuk tabungan emas pada Bank Syariah mandiri bisa dilakukan dengan cara mencicil, dengan jangka waktu paling lama 5 tahun. Biasanya untuk mengikuti produk tabungan emas pada bank ini, nasabah diwajibkan untuk menyetorkan uang muka sekitar 20% dari harga keseluruhan emas yang akan kita cicil. Biaya-biaya lain yang harus kita siapkan jika ingin mengikuti tabungan emas pada Bank Syariah Mandiri diantaranya adalah, biaya administrasi, biaya asuransi jaminan, biaya materai, biaya asuransi jiwa (hanya merupakan pilihan), serta biaya ongkos kirim jika tabungan emas telah selesai dicil berkisar antara 25 ribu samapi dengan 75 ribu. Agar dapat mencicil emas pada bank ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Tidak atau sedang berperkara hukum
  3. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah bagi yang berpenghasilan tetap. Bagi pengusaha atau professional maksimal usianya 60 tahun pada saat jatuh tempo cicilan emas. sedangkan bagi pensiunan usia maksimal adalah 70 tahun pada saat jatuh tempo.
  4. Tidak memiliki masalah keuangan dengan bank lain (gagal kredit)
  5. Tidak sedang dalam pengawasan Bank Indonesia dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)
  6. Persyaratan lainnya diantaranya, mengisi formulir permohonan tabungan emas (cicilan emas), menyiapkan fotokopi KTP, Slip Gaji, Kartu Identitas Pegawai dan NPWP.

Untuk lebih jelasnya dapat langsung mendatangi Bank Syariah Mandiri terdekat di kota anda. Atau dapat menghubungi Call Center BSM di 14040.

Tabungan Emas pada Bank Danamon Syariah

Solusi Emas Murni merupakan layanan terbaru yang diluncurkan oleh Bank Danamon Syariah. Maksud dari peluncuran layanan terbaru ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memiliki tabungan emas. Tabungan emas yang disediakan oleh Bank Danamon Syariah adalah dalam bentuk emas batangan (emas antam), emas perhiasan, koin emas maupun emas non antam. Dengan layanan tabungan emas terbaru ini memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk memiliki emas yang sangat bermanfaat yang dapat digunakan sebagai dana persiapan pendidikan, untuk dana pensiun dan lain sebagainya. Untuk tabungan emas pada Bank Danamon Syariah, nasabah diberikan kemudahan dengan mengangsur hingga 5 tahun lamanya. Persyaratan untuk dapat memiliki tabungan emas pada bank danamon syariah yaitu mengisi formulir aplikasi, membayar uang muka dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk.

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan emas

Untuk saat ini, bukan hanya rumah, mobil, motor maupun barang lainnya yang kepemilikannya bisa dicicil. Kepemilikan emas untuk saat ini ternyata bisa dicicil juga. Baik emas batangan maupun emas perhiasan. Untuk layanan kepemilikan emas secara mencicil bukan hanya dimiliki oleh lembaga perbankan banyak juga bermunculan toko – toko emas secara online yang menawarkan kepemilikan emas secara mencicil atau biasa disebut dengan skema tabungan emas. Lantas apa kelebihan dan kekurangan tabungan emas ini?.

Kelebihan dari tabungan emas adalah kemudahan dalam kepemilikannya karena didapatkan secara mencicil sehingga lebih ringan. Disamping itu jika kondisi pasar berpihak pada kita maka kita akan memperoleh keuntungan jika harga emas naik. Akan tetapi kita juga tidak dapat menjamin harga emas selalu naik, ada saatnya ketika harga emas mengalami penurunan. Salah satu kekurangan tabungan emas adalah ketika harga emas mengalami penurunan maka resiko kerugian yang kita terima semakin besar karena jika kita mencicil emas selain kita harus menerima penurunan harga emas, kita juga harus membayar biaya lain berupa biaya bunga, biaya imbal hasil dan biaya kredit lainnya. Ada beberapa pendapat dari para perencana keuangan sangat tidak menyarankan untuk mengikuti tabungan emas karena penuh dengan spekulasi, namun sebagian lagi mendukung layanan tabungan emas karena harga emas secara historis selalu naik sekitar 15% setiap tahunnya.

Tips Mengikuti Layanan Tabungan Emas

Berinvestasi dengan mencicil emas atau biasa disebut dengan skema tabungan emas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika kita tetap ingin mengikuti layanan tabungan emas maka ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut :

  1. Jika kita mengikuti layanan tabungan emas ada baiknya kita memilih emas yang dalam bentuk batangan, jangan dalam bentuk emas perhiasan. Mengapa demikian, karena emas dalam bentuk perhiasan pada saat dijual kembali sedikit mengalami penurunan harga karena tidak diperhitungkan kembali biaya pembuatannya.
  2. Usahakan periode mencicil emas tersebut secepat mungkin. Karena jika semakin lama maka semakin banyak biaya yang akan kita tanggung. Mulai dari biaya bunga dan biaya lainnya.
  3. Hitunglah dengan cermat kemungkinan keuntungan yang akan didapatkan pada kemudian hari. Misalnya dengan menghitung proyeksi kenaikan harga emas pada masa yang akan datang, dikurangi dengan biaya-biaya yang timbul selama mencicil emas. Yang penting adalah total biaya tahunan dari tabungan emas tersebut tidak melebihi proyeksi pertumbuham emas per tahunnya.

Demikian beberapa informasi mengenai tabungan emas. Semua jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Selanjutnya terserah bagi kita untuk menentukan pilihan investasi yang mana yang tepat bagi kita setelah melakukan perhitungan yang matang. Selamat berinvestasi.

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

A munawar
20-12-2013
Ingin belajar berinvestasi


[1]


Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap